RSS

Perbedaan antara Perumahan Town House, Cluster dan Kuldesak

Ada 3 jenis perumahan yang populer di Indonesia, diantaranya yaitu Town House, Cluster & Kuldesak. Perbedaan jenis ini tentu saja juga memengaruhi tipe dan jenis rumah yang akan ditawarkan.
Meski sebenarnya memiliki perbedaan yang mendasar, tetapi masyarakat kerap bingung membedakan ketiga konsep tersebut. Pasalnya, para pengembang cuma sekadar menggunakan istilah tersebut tanpa mengindahkan syarat yang membedakann ketiganya. Berikut informasi tentang perbedaan antara Town House, Cluster dan Kuldesak.  
A. Town House
Pada negara Eropa dan Amerika, jenis ini populer dan banyak digunakan untuk deret rumah yang menempel dan memiliki tipe rumah sama (kopel). Karena alasan tersebut, Town House juga kerap dikenal sebagai apartemen dengan bentuk horizontal.
Sementara di Indonesia, town house umumnya berada di pusat kota dengan bentuk dan jenis yang serupa. Fasilitas umum dan sosial juga biasa dimiliki oleh perumahan bertajuk Town House ini. Uniknya, jumlah unit pada Town House tidak begitu banyak.


B. Cluster 
Cluster merupakan perumahan yang terbagi atas beberapa sub kompleks, misalnya perumahan berjenis cluster Union, memiliki subs kompleks A, B, dst. Dengan tipe rumah yang sama, sub kompleks tersebut memiliki fasilitasnya sendiri. Dan tentu saja di dalam cluster juga memiliki fasum(Fasilitas umum) yang bisa digunakan oleh seluruh penghuni.
Karena merupakan perumahan berskala cukup besar, tentu saja cluster memiliki jumlah unit yang relatif lebih banyak. Bahkan bisa mencapai ratusan rumah dengan pintu gerbang yang cuma satu ataupun dua saja.

C. Kuldesak
Lebih luas dan besar lagi dari cluster, kuldesak memiliki ragam dan variasi jenis rumah. Fasilitas yang diberikan pun umumnya bisa digunakan secara bebas oleh semua penghuni. Dengan gaya arsitektur yang cukup unik, kuldesak cenderung lebih terkesan elit dari dua jenis perumahan lainnya.
Hanya saja, karena kerap dihuni oleh para borjuis, perumahan ini cenderung dengan suasana sepi. Namun memiliki pagar tiap rumahnya dan sistem pengamanan yang lebih ketat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar